Nama : Siti Amalia Mufiedah (56410578)
Kelas : 3IA13
Anggota : Anastasia Debbylia (50410647)
Diny Fahmila R. (52410087)
Muhammad Eka B. (54410664)
1. Jelaskan konsep dari Interactive Entertainment
Kelas : 3IA13
Anggota : Anastasia Debbylia (50410647)
Diny Fahmila R. (52410087)
Muhammad Eka B. (54410664)
1. Jelaskan konsep dari Interactive Entertainment
Jawaban :
interactive entertainment yaitu mengacu pada
usaha memproduksi dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai hiburan
(atau hasil) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui langsung umpan balik
(feedback). Konsep dari interactive entertaiment itu sendiri yaitu bagaimana
cara seseorang memberikan informasi yang dapat berupa kombinasi teks,
gambar,animasi ataupun video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau
mengontrol elemen elemen yang telah dibuat sehingga pengguna dapat dengan mudah
berinteraksi dengan informasi yang ada.
2.
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dari
Interactive Programs adalah dari segi user dan programnya. Jelaskan peran user
dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami user!
Jawaban
:
Peran User dalam hal ini
apabila dalam sebuah program, user sangat penting. Karena
alasan dibuatnya program untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal
dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan
adanya GUI yang dibangun pada program tersebut. Sedangkan peran interactive
entertainment dari segi program juga penting. Interactive programming itu
sendiri sebuah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah
aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka (Interface) utama untuk
proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini
dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.
3.
Salah satu pendukung interactive system adalah
adanya GUI/Graphical User Interface. Apa fungsi dari GUI ?
Jawaban
:
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam
dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi
dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
1.
Pointing device dengan
perangkat berupa mouse
2.
Memiliki fungsi sebagai
plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall
hardware/sofware (sinkronisasi)
3.
Membuat software-software
yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan
user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan
lain-lain
4.
Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi
sebagai User friendly dan ergonomis.
5.
Pembuatan website.
6.
Opensource
software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
4.
Sebutkan, jelaskan dan berikan gambar dari
komponen-komponen GUI
Jawaban
:
Komponen-Komponen dari GUI :
1. Containers : merupakan wadah yang
berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain di dalamnya.
2. Canvas.: merupakan komponen GUI yang
berfungsi untuk menampilkan gambar atau untuk membuat program grafis. Dengan
canvas, kita bisa menggambar berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, dll.
3. User Interface (UI) components :
contohnya adalah buttons, list, simple popup menus, check boxes, text fields,
dan elemen lain.
4. Komponen pembentuk window : seperti
frames, menu bars, windows, dan dialog boxes.
Label :
Combo
Box :
List :
Radio
Button :
Text Area :
Text Field :
5. Event merpakan suatu kejadian yang
terjadi karena adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Tanpa event,
peran GUI tidak akan berjalan. Sebutkan macam-macam event untuk komponen"
GUI (minimal 5)
Jawaban :
Didalam
komponent GUI terdapat event GUI, dimana tanpa event ini peran GUI tidak akan
berjalan. Event merupakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi
user dengan komponen-komponen GUI. Beberapa macam event untuk komponen GUI,
misalnya :
a)
Event
Model
Interaksi
antara user dan komponen GUI untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon
interaksi user. Bagian-bagian pentingnya yaitu event source dan event listener
/ Handler.
b)
Event
Objec
Ketika sebuah
event terjadi (ketika user berinteraksi dengan komponen GUI) sebuah object
event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah
terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika
mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari
user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari
class ini. Objek
yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika user berinteraksi dengan
komponen GUI. Seperti: tekan button, ketik di text field, dll.
c)
Event Source
Mengacu pada
komponen GUI yang meng-generate event. Sebagai contoh, jika user menekan
tombol, event source dalam hal ini adalah tombol. Event
Source adalah komponen yang mendapatkan suatu event yang kemudian ditangkap
oleh Event Listener. Event Source dapat dibedakan dari penamaan komponen itu
sendiri, misalnya tombolSimpan, tombolHapus, dll. Dengan adanya penamaan event
source ini, sebuah Event Listener akan dapat mendeteksi dari mana Event
Listener tersebut berasal.
d)
Event Listener
Event listener menerima berita dari event-event dan
proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan
dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user. Beberapa listener yang biasa digunakan dalam mendeteksi
event :
· ActionListener berfungsi untuk menangani reaksi atas
perubahan status pada objek yang digunakan. Misalnya akibat penekanan tombol
mouse atau keyboard.
· AdjustmentListener berfungsi untuk menangani reaksi atas
perubahan status pada objek yang digunakan pada saat penyesuaian. Misalnya
akibat dari penggeseran scrollbar.
· FocusListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan
status akibat focus berada pada objek tertentu. Misalnya kursor berada pada
textfield.
· ItemListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan
status pada pilihan yang terdapat pada objek tertentu. Misalnya pemilihan pada
checkbox atau radio button.
· KeyListener berfungsi untuk menangani reaksi dari keyboard.
Misalnya penekanan tombol Ctrl, Alt, dll.
· MouseListener berfungsi untuk menangani reaksi dari
penekanan tombol pada mouse.
· MouseMotionListener berfungsi untuk menangani reaksi akibat
mouse digerakkan, misalnya melewati lokasi komponen tertentu.
· MouseWheelListener berfungsi untuk menangani reaksi event
scroll pada mouse.
· TextListener berfungsi untuk menangani event pada text.
· WindowListener berfungsi untuk menangani reaksi atas perubahan
jendela akibat ukuran diperbesar, dikecilkan, dipindah maupun ditutup.
· WindowFocusListener berfungsi untuk menangani reaksi pada
jendela.
· WindowStatelListener berfungsi untuk menangani status event
jendela.
e)
Event Handler
Event
Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya
setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan,
event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian
Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event
Handler.
6.
Jelaskan
mengenai event dalam konsep Struktur Interactive Program!
Jawaban
:
Event
dalam konsep struktur interactive program yaitu kejadian yang terjadi atas
interaksi dari komputer dengan manusia. Mengenai event dari standard
programming dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana pada
interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan
algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama
penulisan ulang dari program, berbeda dengan standard programming.
Sumber :
NPM
|
NAMA
|
KINERJA
|
50410647
|
Anastasia Debbylia
|
Mengerjakan Nomer 1, 2 dan 3
|
52410087
|
Dini Fahmila R.
|
Mengerjakan Nomer 4, 5 dan 6
|
54410664
|
Muhammad Eka B.
|
Mengerjakan Nomer 1, 2 dan 3
|
56410578
|
Siti Amalia Mufiedah
|
Mengerjakan Nomer 4, 5 dan 6
|
1 komentar:
wah boleh nih bagi - bagi ilmu yak,
ane juga mahasiswa jurusan TI di ISTN,
salam mahasiswa :)
Posting Komentar