Selasa, 15 Oktober 2013

Perkembangan Bisnis TI

Perkembangan Bisnis TI
Perkembangan Teknologi Informasi manjadikan berbagai aspek berkembang sangat pesat, salah satunya perkembangan dalam aspek bisnis. Semakin berkembangnya teknologi yang ada, maka teknologi informasi-pun semakin berkembang dan canggih. Salah satu teknologi informasi yang sangat handal adalah internet. Internet yang seakan menghipnotis setiap orang untuk mengakses nya dijadikan lahan bisnis untuk semua kalangan, mulai dari bisnis perorangan yang memanfaatkan jejaring social, e-commerce, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Bisnis TI

E-commerce
adalah kegiatan penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui media elektronik seperti televisi, media terkomputerisasi dan lainnya. E-commerce merupakan penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial seperti transfer dana secara elektronik, Suply Chain Management, e-marketing, dan lain sebagainya. E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Software House
Sebuah software house adalah sebuah perusahaan yang utama produk perangkat lunak. 
Ada beberapa jenis software house:
  • Besar dan perusahaan terkenal memproduksi komersial off-the-shelf (COTS) seperti Microsoft, SAP AG, Oracle Corporation, HP, Adobe Systems, Apple inc, JICS Tek dan Red Hat.
  • Perusahaan memproduksi khusus komersial off-the-shelf (COTS) perangkat lunak, seperti Panorama, Hyperion, Siebel Systems, GaziltIT, Enigma Teknologi, JICS Tek.
  • Perusahaan memproduksi Software sebagai Service SaaS , seperti Google, Facebook, LinkedIn, JICS Tek.
  • Perusahaan memproduksi komponen perangkat lunak , seperti Developer Express, Dundas, ComponentOne, dan Sohn Software, JICS Tek.
  • Application Service Provider seperti Salesforce, JICS Tek.
  • Perusahaan berfokus pada memberikan software dipesan lebih dahulu  untuk solusi industri vertikal atau wilayah geografis tertentu

Semua ini dapat dikategorikan dalam satu atau banyak hal berikut:
  • kontraktual – ketika software house dikontrak untuk memberikan beberapa perangkat lunak tertentu dari luar 
  • pengembangan produk – ketika menghasilkan siap untuk digunakan, paket perangkat lunak, komersial off-the-shelf
Peranan Umum Software House
Pengorganisasian software house adalah jenis yang sangat khusus keterampilan manajemen, di mana orang-orang yang berpengalaman dapat mengubah masalah organisasi menjadi manfaat yang unik. Misalnya, memiliki sub-tim tersebar di berbagai zona waktu memungkinkan hari 24 jam kerja perusahaan, jika tim, sistem dan prosedur yang mapan. Sebuah contoh yang baik adalah tim uji dalam zona waktu 8 jam ke depan atau di belakang tim pengembangan, yang memperbaiki bug perangkat lunak ditemukan oleh penguji.
Sebuah software house perangkat lunak profesional biasanya terdiri dari setidaknya tiga khusus sub-tim:
  • Bisnis analis yang mendefinisikan kebutuhan bisnis dari pasar
  • Software Designer/ Programmer yang menciptakan spesifikasi teknis dan menulis perangkat lunak
  • Software penguji yang bertanggung jawab atas seluruh proses manajemen mutu.
Consultant
Konsultasi teknologi informasi (juga disebut TI konsultasi, konsultasi Komputer, konsultasi Computing, bisnis teknologi konsultasi dan layanan teknologi atau IT penasihat) adalah bidang yang berfokus pada bisnis menasihati tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, konsultan TI sering memperkirakan, mengelola, melaksanakan, menyebarkan, dan mengelola sistem TI atas nama ‘bisnis ‘, yang dikenal sebagai outsourcing .
Ada berbagai alasan mengapa konsultan dipanggil:
  • Untuk mendapatkan eksternal, saran yang lebih obyektif dan rekomendasi
  • Untuk mendapatkan akses ke keahlian khusus para konsultan ‘
  • Hanya sebagai bantuan sementara selama proyek satu kali, di mana mempekerjakan karyawan tetap tidak diperlukan
  • Untuk outsourcing semua atau bagian dari layanan TI
Empat prinsip dasar IT konsultasi adalah:
  • Fokus pada Hubungan: Memahami kepribadian dan harapan klien, organisasi klien dan semua stakeholder lainnya
  • Jelas Ditetapkan Peran: peran dan tanggung jawab Ditetapkan untuk kedua klien, stakeholder lainnya dan tim konsultasi
  • Visualisasikan Sukses: Membantu klien melihat akhir di awal
  • Anda Advise, Mereka Putuskan: Klien adalah orang terbaik untuk memutuskan

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar