Rabu, 14 November 2012

Pengaruh Kebudayaan terhadap Grafik

http://fresh-lookout.blogspot.com

Sebelum kita bahas mana yang mempengaruhi dan dipengaruhi, apakah grafik yang mempengaruhi budaya atau sebaliknya. Kita akan membahas penghertian Budaya dan Grafik terlebih dahulu. 
Budaya, kalo kata om Wikipedia Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari., perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.
Nah kalo Grafik , menurut saya grafik adalah sebuah penggambaran dari sebuah data yang berupa batangan maupun garis atau bahkan lingkaran dengan keterangan berupa angka atau tulisan untuk menunjukan perbandingan antara data satu dengan yang lainnya, atau grafik juga bisa dijadikan sebuah alat baca data tanpa harus menuliskan banyak kata-kata didalamnya.
Dari penjelasan diatas kita bisa menjawab apakah grafik yang mempengaruhi budaya atau grafik yang dipengaruhi  oleh budaya? kalo menurut saya justru grafiklah yang dipengaruhi oleh budaya, kenapa? karena budaya adalah sesuatu yang diwariskan dari suatu kelompok dari generasi ke generasi akan tetapi budaya akan selalu berkembang menjadi lebih baik atau buruk tergantung bagaimana kelompok tersebut menjaga dan menggunakan budayanya, dan setiap perkembangan yang terjadi akan bisa terlihat apabila kita telah menuangkannya kedalam sebuah garfik, dimana fungsi grafik itu senderi sebagai alat untuk membandingkan suatu hal dan kali ini yang dibandingkan adalah perkembangan budaya sebelum dan sesudahnya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://carapedia.com/pengertian_definisi_grafik_info2124.html

0 komentar:

Posting Komentar