Rabu, 14 November 2012

Visual Teknologi Menggunakan Media Online

http://dobilblogs.blogspot.com

Nah kali ini kita bakalan bahas tentang visual teknologi media online, sebenernya sih gue gak tau-tau amat soal pengertian visual teknologi. Karena setiap gue tulis keyword "visual teknologi" yang keluar adalah blog temen-temen gue, jadi ini sih pengertian yah sok tau gue aja dan nyari kata itu secara terpisah dan gue akhirnya ketemu dan gue tarik kesimpulan dari situ. Pertama pengertian visual, apa sih visual itu?
Menurut beberapa ahli, visual juga merupakan salah satu bagian dari aktivitas belajar. Dimana aktivitas belajar itu sendiri terdiri dari : somatis (belajar dengan bergerak dan berbuat), auditori (belajar dengan berbicara dan mendengar), intelektual (belajar dengan memecahkan masalah dan merenung), dan visual (belajar dengan cara melihat, mengamati, dan menggambarkan). Keempat aktivitas belajat tersebut harus dikuasai supaya proses belajar dapat berlangsung secara optimal.
sedangkan teknologi, Teknologi adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah. Teknologi, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain, teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.
Menurut definisi masing-masing diatas, dapat disimpulkan bahwa visual teknologi adalah salah satu teknologi yang mengandung dua dimensi atau tiga dimensin baik itu diam maupun bergerak  yang dapat dilihat oleh indra penglihat yaitu mata kita sehingga kita bisa mengamati serta menggambarkannya, yang biasaynya terdiri atas susunan banyak warna atau hanya satu warna serta tulisan-tulisan ataupun kolom-kolom yang saling berkaitan dan saling berhubungan yang satu sama lain memiliki makna yang terkait. misalnya adalah situs jejaring sosial twitter. 
https://twitter.com/MencobaBelajar
dari gambar di atas kita bisa melihat visual teknologi yang disajikan oleh twitter, dimana ada satu warna yang dominan yaitu warna hitam dan tulisannya yang begitu banyak serta gambar dari profil tersebut dan ada banyak kolom yang memisahkan antara kotak tweet, profil pengguna, dan kolom lainnya yang saling keterkaitan satu sama lain. Tampilan twitter ini terlihat lebih simple dengan tidak menggunakan banyak warna. sebenarnya bukan twitternya yang mengatur, tapi sipenggunanya sendiri. Namun pada saat awal kita membuat akun untuk pertama kalinya kita akan diberikan tampilan otomatis dari twitternya sendiri.

 Sumber :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_visual_info2164.html
http://blog.trisakti.ac.id/herufal/2010/11/04/pengertian-teknologi/
https://twitter.com 
 

0 komentar:

Posting Komentar